Bersihkan Kaca Mobil Jangan Pakai Air Biasa, Pakai Cairan Khusus

Daihatsucirebon.com – detikers suka mengisi air wiper kaca depan dan belakang pakai air biasa? Mending dipikirkan ulang lagi. Sebaiknya menggunakan cairan pembersih yang diformulasikan khusus untuk pembersih kaca.

Agar wiper bekerja maksimal, harus ditunjang dengan cairan pembersih atau wiper fluid. Untuk mengecek kondisi air wiper bisa langsung menengok isi washer tank yang terletak di dalam kap mesin mobil.

Bila volumenya sudah menipis, jangan ditunda untuk segera melakukan pengisian ulang, karena akan sangat merugikan saat dibutuhkan, ternyata cairannya sudah habis. Baiknya lagi, sebelum mengisi dibersihkan dulu untuk menghilangkan kotoran.

“Kalau pakai air biasa, saat terjadi hujan dan di depan ada mobil diesel (truk), yang terjadi kotoran dari mesin diesel (asap dll-red) bisa bisa nempel di kaca mobil, kaca jadi berminyak dan saat kita pakai wiper yang airnya diisi air biasa, itu malah justru buram, kalau dicuci dengan air agak susah hilang. Jadi air biasa nggak cukup, ada cairan khusus yang sudah diformulasikan untuk membersihkan. Tidak perlu diencerkan langsung tuang, itu nanti lebih bersih,” Suparna kepada detikcom.

Harga cairan pembersih wiper kaca ini cukup murah, di pasaran berkisar antara Rp 27.500 per botolnya. Terus kalau pakai sabun seperti sabun colek bagaimana wipernya?

“Efeknya jangan ditanya, pertama dia tidak maksimal membersihkan, kalau pakai detergen yang kuat akan merusak kaca dan kaca akan cacat, seperti ada pelangi dari sinar depan jadi silau,” ujarnya.

Suparna menambahkan jangan sampai kehabisan cairan wiper di dalam mobil. “Kalau ada kena lumpur dan wiper kosong airnya, itu repot banget, pandangan jadi tidak terlihat. Kalau terpaksa pakai air sumur pastikan air sumurnya bersih, kalau ada lumut di air sumur itu nanti akan menyumbat nozzle wiper. Kalau ada kotoran yang menghambat harus disemprot,” ujarnya.

Sementara untuk membersihkan bilah wiper cukup mudah. “Wiper bisa dilihat, kalau masih bagus diseka sendiri, tinggal angkat saja kemudian diseka pakai kain kering, atau kanebo,” ujarnya.

Sumber: detikoto

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *