Ini Solusi Kampas Copot Akibat Pasang Rem Tangan Terlalu Lama

Memasang rem parkir terlalu lama dapat menyebabkan kampas terlepas dari besi pemegangnya.

Daihatsucirebon.comOtosia.com – Memasang rem parkir terlalu lama dapat menyebabkan kampas terlepas dari besi pemegangnya. Biasanya, masalah ini kerap terjadi pada rem tromol.

Pasalnya, bidang kontak pada rem jenis tersebut lebih besar dibandingkan rem cakram. Akibatnya, ketika rem tangan diaktifkan, kampas akan menempel kuat pada tromol dan bisa terlepas ketika dipaksa melaju.

Lantas, bagaimana jika terlanjur terjadi?

Menurut situs resmi Suzuki, jika kampas menempel di tromol meski tuasnya sudah dibuka, sebaiknya jangan langsung menggerakkan mobil. Cobalah menekan tombol pada tuas sambil mengangkat dengan kuat. Kemudian, turunkan lagi tuas rem tangan dengan sangat cepat.

Jika masalah itu belum teratasi dalam percobaan pertama, ulangi trik tadi beberapa kali hingga berhasil. Apabila kampas masih lengket dengan tromol, bukalah ban dan lepaskan kampas secara manual.

Setelah itu, segera ganti kampas rem, terlebih jika kondisinya telah menipis. Yang perlu diperhatikan, jangan gunakan teknik pantek karena dapat membuat kampas rem copot lagi. Solusi lainnya adalah memanggil teknisi dari bengkel terdekat.

Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *