Kiat Cara Mudah Merawat Ban Mobil

Ban adalah salah satu komponen yang memerlukan perhatian khusus karena ia langsung berhubungan dengan aspal jalan. Bahkan jika tekanan angin tetap terjaga, pemakaian bahan bakar bisa dihemat 3,3%.


Daihatsucirebon.com
Otosia.com – Ban adalah salah satu komponen yang memerlukan perhatian khusus karena ia langsung berhubungan dengan aspal jalan. Bahkan jika tekanan angin tetap terjaga, pemakaian bahan bakar bisa dihemat 3,3%.

Namun kondisi berbahaya akan dihadapi jika ban mengalami masalah , sehingga mobil pun menjadi sulit dikendalikan. Jika dibiarkan terus ini dapat berisiko menimbulkan kecelakaan.

Menurut Indra Nugraha Wisuda, Retail Division Head Astra Otoparts, ban perlu mendapat perhatian serius jika tidak ingin celaka di jalan. Indra pun membeberkan beberapa hal yang perlu dilakukan dalam merawat ban mobil.

Berikut tipsnya:

1. Jangan menunggu hingga ban rusak. Biasakan untuk selalu memeriksa tekanan angin ban mobil Anda, paling sedikit sekali sebulan dan terutama sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Ban dengan tekanan yang kurang akan menyebabkan ban mudah panas karena gesekan yang besar dengan aspal, sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.

“Yang perlu diingat adalah mengetahui tekanan yang proporsional dari ban mobil. Ukuran tekanan ban bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan,” imbuh Indra.

2. Lakukan pemeriksaan berkala, paling tidak sebulan sekali dan jagalah agar ukuran tekanan ban mobil Anda selalu pada batasan yang proporsional. Sehingga mobil Anda siap untuk digunakan, jika sewaktu-waktu Anda butuhkan.

3. lakukanlah rotasi ban mobil antara yang di depan dengan yang di belakang, atau yang kiri ke kanan setiap 10.000 km. Hal ini dilakukan agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai ban agar menjadi lebih lama.

4. Jangan mengendarai mobil dengan ban tanpa penutup pentilnya. Dikarenakan mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentil bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban, dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.

6. Periksalah spooring dan balancing secara periodik,untuk menghindari putaran ban yang tak stabil.

Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *