Mau Moles Mobil Sendiri? Begini Caranya

Daihatsucirebon.com – Ada kepuasan tersendiri bagi pemilik mobil yang senang merawat tampilan eksterior dengan tangan sendiri. Bagi Anda yang masih baru sebaiknya ikuti beberapa langkah ini supaya hasilnya bagus dan meminimalisir kerusakan warna cat.

Hal pertama yang wajib dilakukan sebelum memoles mobil adalah mencucinya terlebih dahulu. Teknik pencuciannya dibebaskan boleh menggunakan steam atau high pressure.

“Untuk pemula tipsnya saran jika ingin poles sendiri pertama kali harus dicuci. Cucinya terserah mau pakai steamer, high pressure atau pakai kanebo boleh aja,” ujar Sales Manager PT Milenia Mega Mandiri, Syaiful Azhari yang membawahi produk mesin poles Rupes saat ditemui di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019).

Setelah proses cuci selesai, keringkan air yang menempel. Lalu lanjutkan dengan proses yang disebut dengan clay.

“Setelah dicuci pastikan harus di-clay. Clay itu bahan partikel yang bisa mengangkat oksidasi kotoran di bodi mobil,” lanjut Syaiful.

Syaiful menekankan penggunaan clay supaya tidak terjadi proses oksidasi. Oksidasi yang berasal dari kotoran ini jika tidak ditangani akan menyebabkan cat mobil kusam.

“Tujuan clay untuk menghilangkan oksidasi kotoran di bodi mobil setelah di-clay,” timpalnya.

Jika sudah melakukan proses clay ada satu proses yang bisa dilakukan atau dilewatkan saja. Proses itu adalah kompon. Untuk mobil yang catnya masih baru atau tidak terlihat adanya oksidasi maka bisa melewatkan tahapan ini.

Setelah itu barulah Anda bisa melakukan polesan dan diakhiri dengan wax.

“Setelah clay baru pengeringan dan dikompon. Mobil bisa kompon bisa tidak tergantung kondisi, nggak semua mobil dikompon. Mobil baru masih oke pernisnya atau oksidasi tidak terlihat langsung aja ke polish dan wax. Habis kompon, polish setelah itu baru kita wax,” tandasnya.

Sumber: detikoto

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *